Tanda Seseorang Butuh Social Media Detox

Tuntutan aktif di media sosial tak jarang membuat seseorang membutuhkan social media detox. Istirahat dari penggunaan media sosial ini bertujuan untuk menjeda segala macam aktivitas Anda di media sosial lalu mengalihkan perhatian pada kegiatan yang lain. Seperti halnya tubuh yang butuh detox dari makanan, jiwa manusia juga memerlukan pembersihan untuk menjaga kesehatan mental.

Kebutuhan mengelola akun bisnis, posting dan update konten ataupun stalking pergerakan kompetitor secara tidak langung membuat seseorang seakan kecanduan membuka media sosial. Beberapa ciri saat seseorang membutuhkan sosial media detox antara lain.

Cek Smartphone Saat Bangun Pagi

Saat seseorang bangun pagi dan langsung memeriksa sosial media di smartphone sebelum melakukan hal penting lain, maka bisa dipastikan ia butuh pembersihan.

Mengabaikan Orang Terdekat

Saat orang-orang yang ada di sekitarnya yang harusnya lebih sering berinteraksi dengannya merasa terabaikan, berarti besar kemungkinan ia membutuhkan detox. Orang terdekat seperti keluarga akan banyak mengeluh soal kegiatan maya tersebut.

Iri

Ada saatnya ketika seseorang merasa tidak lebih berntung dari orang lain yang ada di sosial media. Ketika muncul rasa iri dan cemburu tanpa mengetahui seperti apa keseharian orang sebenarnya, sebaiknya And amulai program detox.

Hobi Stalking Media Sosial

Saat kegiatan mengintip akun orang menjadi kebiasaan atau bahkan hobi dan sudah dalam fase yang membahayakan, segera hentikan untuk melindungi kesehatan jiwa.

Lebih Aktif di Media Sosial

Ketika seseorang lebih sering berbagi di media sosial hingga mengorbankan kehidupan nyata maka ini sudah tidak baik bagi mental. Terlalu sibuk memberitahukan kehidupan dan aktifitas di media sosial mulai dari bangun tidur, makan pagi, pilih baju hingga jelang tidur pastinya lebih menyita perhatian.

Nomophobia

Nomophobia merupakan sindrom merasa takut seandainya tidak punya ponsel atau tidak bisa mengakses ponsel barang sebentar saja. Seseorang merasa gelisah, cemas, khawatir bahkan bingung ketika smartphone tidak dalam pandangan.

Selalu Cek Smartphone

Seseorang tidak bisa mengendalikan diri untuk memeriksa ponsel untuk melihat timeline dan notifikasimedia sosial tanpa peduli waktu dan tempat. Entah itu di saat kerja, makan, main bersama temen tidak bisa mencegahmu untuk terus-menerus memeriksa smartphone.

Saat Anda menyadari tanda-tanda tersebut, ada baiknya untuk mulai menjalani program detox dan mempercayakan pengelolaan akun Anda pada jasa social media.

You may also like...