Memanfaatkan Smartphone Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Dengan Game Kecerdasan

Smartphone sebaiknya digunakan untuk melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat daripada hanya sekedar untuk bermain media sosial yang digunakan untuk stalking mantan atau gebetan. Ada banyak sekali game-game bermanfaat yang bisa anda mainkan ketika anda sedang senggang ataupun bosan. Game tersebut juga bukan sembarang game karena game-game tersebut adalah game yang dapat meningkatkan kecerdasan alias meningkatkan IQ anda. Tertarik?  

Berikut beberapa game yang harus anda install di smartphone anda dan anda coba mainkan. 

  1. 2048
    Beberapa tahun yang lalu, game 2048 menjadi salah satu game asah otak yang cukup populer dan sudah didownload jutaan kali di Google PlayStore maupun AppStore. Karena game ini cukup sederhana, ukuran file nya tidak akan memenuhi memory smartphone anda. Anda dapat memainkan 2048 ketika sedang bersantai, sedang menunggu bis, menunggu kereta atau bahkan ketika sedang menunggu dosen pembimbing skripsi anda. Sekilas game ini mirip dengan Tetris, namun dalam kotak 4 x 4 anda menggabungkan kotak-kotak yang berisi angka kelipatan 2 hingga menjadi angka 2048. Jadi anda harus menggeser 2 kotak dengan nilai yang sama agar kedua kotak tersebut bergabung dan nilainya menjadi bergabung. Misalnya saja anda menggabungkan kotak dengan nilai 8, maka ketika 2 kotak angka 8 digabung, ia akan menjadi kotak berisi angka 16. Anda harus terus menggabungkan kotak-kotak yang anda hingga mendapatkan kotak dengan angka 2048 atau lebih. Terlihat sederhana? Iya, memang terlihat sederhana namun tingkat kesulitannya tidaklah sesederhana itu. Anda harus benar-benar cermat dan juga teliti sehingga anda bisa mendapatkan kotak 2048. 
  2. Flow Free
    Bila pada game 2048 anda diharuskan menggabungkan kotak-kotak, dalam Flow Free anda akan menggabungkan 2 titik. Dalam Free Flow juga terdapat kotak-kotak yang mana beberapa diantaranya terdapat pasangan titik dengan warna yang sama namun berada di tempat yang berbeda. Tugas anda adalah menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang memiliki warna yang sama dengan melewati kotak-kotak yang ada agar tidak ada kotak yang kosong. Hanya saja garis yang anda tarik tidak boleh saling bertabrakan. Di awal-awal permainan memang terasa gampang karena jarak antar titiknya masih berdekatan, namun semakin lama tingkat kesulitannya semakin tinggi. Anda pun  harus memeras otak dan juga jeli dalam membuat jalur garis yang tepat agar semua titik dapat terhubung sekaligus seluruh kotak terpenuhi. 
  3. Tetris
    Tidak hanya anak-anak tahun 90-an saja yang mengenal game Tetris, bahkan anak-anak milenial yang lahir di atas tahun 2000 juga tahu dengan Tetris. Walaupun permainan Tetris sangatlah sederhana, namun dibalik kesederhanaannya otak anda akan terasah. Tentunya anda sudah tahu bagaimana cara permainan Tetris, anda harus menyusun balok-balok yang turun dari atas agar tidak ada space kosong di bawahnya. Anda harus bisa menentukan posisi balok yang tepat, bila tidak maka lama kelamaan anda bisa game over karena bila ada space kosong, maka tembok di bawah yang tersusun tidak dapat hilang dan hanya akan terus menumpuk hingga atas yang menyebabkan game over. 

Dari 3 game di atas, manakah game yang sudah pernah anda mainkan sebelum anda membaca artikel ini? Jika jawaban anda adalah Tetris, maka hal tersebut adalah hal yang wajar karena game ini sangatlah populer dan bahkan tingkat kepopulerannya dapat menyaingi game-game modern.  Coba saja situs poker online dewajudiqq bila anda ingin permainan lainnya. 

You may also like...